Penyebab Terjadinya Infeksi Tenggorokan pada Anak

Penyebab Terjadinya Infeksi Tenggorokan pada Anak

Infeksi tenggorokan merupakan penyakit yang mudah menyebar dan semakin parah jika tidak segera diatasi. Anda bisa memilih akan menggunakan cara yang alami ataupun melakukan pemeriksaan ke dokter. Ada banyak sekali penyebab terjadinya infeksi ini sehingga Anda harus sangat waspada. Berikut ini penyebab terjadinya infeksi di tenggorokan pada anak-anak.

  1. Virus

Anak-anak memiliki sistem imun yang masih rentan terkena penyakit sehingga Anda harus menjaganya dari berbagai penyebab. Salah satu penyebab terjadinya infeksi pada tenggorokan adalah virus. Beberapa virus bisa berasal dari flu atau virus dari penyakit lainnya. Adapun virus yang harus diwaspadai adalah virus Influenza, mononukleosis, dan virus gondok.

  1. Infeksi Bakteri

Infeksi bakteri juga dapat menjadi penyebab dari infeksi tenggorokan yang dialami. Bakteri yang paling umum menjadi penyebab adalah bakteri grup A Streptococcus. Bakteri ini memang paling banyak menyerang anak-anak Anda, sehingga harus sangat diwaspadai.

  1. Alergi

Penyebab lain terjadinya infeksi tenggorokan karena anak mengalami alergi. Penyebab ini bisa berasal dari rumput, bulu hewan, udara, dan berbagai faktor lainnya yang menyebabkan alergi. Misalnya karena bahan kimia yang digunakan kurang cocok.

  1. Kelebihan lendir

Anda juga bisa mengalami infeksi ketika hidung sudah kelebihan lendir yang sampai menetes keluar dari hidung. Anda tentu bisa mengetahui dengan mudah jika sedang mengalami kelebihan lendir. Salah satunya dengan segera mengonsumsi obat untuk mengurangi lendir sebelum terjadi infeksi tenggorokan.

  1. Kondisi Udara

Penyebab lainnya terjadi infeksi adalah kondisi udara yang tidak stabil. Anda harus mewaspadai ini dengan tetap menggunakan masker jika memang rentang dengan infeksi. Usahakan udara di dalam rumah tetap memiliki sirkulasi yang bagus agar tidak membuat tenggorokan menjadi bermasalah.

  1. Iritasi

Infeksi pada tenggorokan juga bisa terjadi jika Anda mengalami iritasi yang tidak segera ditangani. Di mana iritasi ini membuat Anda mengalami gatal-gatal dan kondisi tenggorokan bisa memanas akhirnya semakin buruk sampai menyebabkan radang tenggorokan.

  1. Cedera

Luka di bagian leher juga salah satu penyebab rasa sakit di tenggorokan seperti infeksi. Ada benda asing yang masuk ke dalam tenggorokan sampai menyebabkan cedera. Bahkan penyebab ini bisa membuat Anda mengalami kerusakan pita suara jika sampai terjadi.

  1. Gastroesophageal reflux disease (GERD)

Gastroesophageal reflux disease (GERD) juga bisa menyebabkan infeksi pada tenggorokan. Di mana kondisi asam lambung naik ke kerongkongan dan membakar bagian esofagus juga tenggorokan. Saat itu tenggorokan akan terasa sakit dan nyeri. Anak Anda akan mengalami batuk-batuk sebagai gejalanya.

Cegah penyebab infeksi tenggorokan ini dengan menjaga sistem imunitas anak Anda. Bisa dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran agar tidak kekurangan vitamin. Selain itu minumlah air putih dengan cukup agar tidak mengalami iritasi yang membuat tenggorokan menjadi sakit. Anda harus mengontrol apa saja yang dimakan dan aktivitas anak sehari-hari.

shares