Penyebab Susah Makan dan Alternatif sebagai Vitamin Penambah Nafsu Makan

Penyebab Susah Makan dan Alternatif sebagai Vitamin Penambah Nafsu Makan

Nafsu makan yang berkurang dapat terjadi karena beragam alasan, mulai dari hanya sekadar malas maka, mengalami kondisi tertentu hingga efek dari penyakit. Mengonsumsi vitamin penambah nafsu makan memang sering dipilih. Namun, masih terdapat cara lain yang dapat dilakukan. Selain itu, mengusut penyebabnya pun menjadi hal yang penting agar mendapat penanganan yang sesuai.

Penyebab Menurunnya Nafsu Makan

  • Depresi

Seseorang yang sedang menderita depresi akan beresiko tinggi mengalami penurunan nafsu makan, bahkan dapat hilang secara tiba-tiba. Gejala dari gangguan mental tersebut juga kerap diikuti oleh perasaan gelisah, sedih yang mendalam, dan tidak percaya diri. Alhasil, akan membuat penderitanya mengurung diri, malas beraktifitas, dan tidak berselera menyantap makanan.

  • Iritasi pada usus besar

Alasan lainnya dapat disebabkan oleh masalah kesehatan yaitu iritasi pada usus besar. Gangguan kesehatan tersebut akan memunculkan gejala antara lain sembelit, diare, nyeri pada bagian perut, dan produksi gas berlebih sehingga membuat perut terasa kembung. Kondisi yang semacam itu tentu akan membuat penderita tidak berselera untuk makan karena organ pencernaan sedang terganggu.

  • Menderita penyakit tertentu

Selain gangguan kesehatan pada usus besar, berkurangnya nafsu makan dapat juga disebabkan oleh beberapa penyakit yang tergolong berbahaya. Jenis penyakit tersebut antara lain kanker pada organ pencernaan, hepatitis, gagal jantung, HIV, ginjal kronis, gangguan pada liver dan penyakit paru yang sudah kronis. Penyakit semacam anoreksia juga dapat turut andil menyebabkan selera makan turun.

  • Kehamilan

Nafsu makan yang berkurang dapat terjadi pada ibu hamil. Hal tersebut disebabkan oleh perubahan hormon saat hamil terutama pada trimester awal. Pada fase tersebut, ibu hamil kerap mengalami mual dan muntah yang berdampak buruk pada keinginan untuk menyantap makanan. Ditambah lagi dengan kondisi tubuh yang selalu merasa letih dan lemah.

Makanan dan Minuman sebagai Sumber Vitamin untuk Menambah Nafsu Makan

  • Buah-buahan

Terdapat beberapa jenis buah-buahan yang efektif untuk membangkitkan kembali selera makan. Jenis buah tersebut antara lain jeruk, pisang ambon, pepaya, alpukat, anggur, dan jenis buah beri. Buah dapat dikonsumsi secara langsung, dibuat jus, atau dijadikan salad agar lebih menarik. Jenis makanan ini cocok dijadikan vitamin alami yang lebih sehat dan tanpa efek samping.

  • Minuman Tradisional

Sumber vitamin alami lain dapat berasal dari minuman tradisional. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat minuman tersebut cukup beragam seperti campuran jahe dan kunyit, campuran kunyit dan madu, campuran lemon dan madu, daun pepaya, dan campuran batang serta daun brotowali. Selain meningkatkan nafsu makan, minuman tersebut dapat menjaga sistem pencernaan dan meningkatkan imun tubuh.

Mengonsumsi vitamin penambah nafsu makan memang dibutuhkan agar tubuh tidak kekurangan nutrisi. Selain produk vitamin yang dijual di pasaran, alternatif lain yang juga efektif adalah buah-buahan dan ramuan tradisional yang terbuat dari bahan alami. Namun, sebaiknya juga perlu diketahui penyebab dari permasalahan tersebut agar dapat dilakukan penanganan yang sesuai.

shares