Mengulas Tentang Fakta dan Cara Mencegah Flu Agar Tidak Terjadi

Mengulas Tentang Fakta dan Cara Mencegah Flu Agar Tidak Terjadi

Flu merupakan suatu gejala yang diakibatkan infeksi bakteri maupun virus yang membuat tubuh menjadi lemah dan menjadi tidak nyaman. Penyakit ini dapat tertular jika tidak sengaja terciprat air liur penderita di udara dan menyentuh mulut dan hidung sebagai sarana penyalur tertularnya virus. Gejalanya adalah demam, hidung tersumbat, pilek dan sakit kepala yang dapat menyerang secara tiba-tiba. Penderita dapat segera mendatangi dokter untuk mendapatkan penanganan jika tidak sembuh dalam dua minggu, biasanya jika sudah parah maka penderita dapat sesak napas dan mengalami ketidaksadaran.

Berikut adalah fakta influenza diantaranya:

  • Biasanya orang dewasa menderita influenza 2 hingga 5 kali dalam satu tahun dan anak-anak yang berumur dibawah 12 tahun akan menderita 6 hingga 10 kali dalam satu tahun.
  • Untuk usia 60 tahun diatas akan lebih sering menderita influenza karena sistem kekebalan tubuh yang menurun dan berlangsung lebih lama.
  • Penyebabnya adalah rhinovirus yang dapat bertahan dalam kondisi cuaca dan geografi ekstrim yang membutuhkan waktu sangat lama untuk mati ketika berada dalam tubuh manusia.
  • Rhinovirus dapat berada 8 jam diluar tubuh manusia dan jika tersentuh oleh orang lain maka terinfeksi virus ini.
  • Kondisi kesehatan yang membuat terjadinya komplikasi seperti pneumonia dan gangguan pernapasan yang membuat fisik tubuh semakin lemah.
  • Vitamin C dapat mengobati influenza pada waktu tertentu dan secara teratur akan memperkuat sistem kekebalan tubuh.
  • Biasanya influenza cepat ditularkan melalui air liur dan cairan genital saat melakukan hubungan intim walaupun memiliki kemungkinan sangat rendah.
  • Ketika bersin penderita influenza dapat melepas 100.000 kuman ke udara sehingga akan menginfeksi orang lain.

Terdapat beberapa jenis flu diantaranya influenza singapura yang menyerang anak kecil dan orang dewasa dan akan membaik dalam dua minggu. Komplikasi yang terjadi adalah meningitis hingga kematian. Influenza burung yang disebabkan oleh virus H5N1 dan H7N9 dari burung ke manusia terutama unggas seperti ayam, angsa, burung dan bebek. Biasanya anak-anak akan mudah terserang penyakit ini karena belum memiliki kekebalan tubuh. Penularannya melalui sentuhan, udara atau kotoran unggas, dan jika mengonsumsi daging atau telur unggas yang sudah memiliki virus ini dalam tubuhnya. Gejalanya berupa muntah, diare dan harus segera dikonsultasikan ke dokter supaya tidak semakin parah.

Selain itu ada istilah influenza babi yang terjadi babi ke manusia melalui udara. Gejalanya adalah batuk, tenggorokan sakit, demam, lelah, nyeri hingga menggigil. Gejala pada orang dewasa adalah sesak napas, nyeri pada dada dan perut, pusing, kebingungan dan muntah. Gejala yang terjadi pada anak adalah sulit bernapas, warna kulit menjadi biru dan tidak cukup minum cairan, mudah tersinggung dan tidak dapat bangun.

Untuk mencegah influenza sebaiknya mencuci tangan dengan rajin ketika bersentuhan dengan keyboard, ponsel, tombol lift maupun gagang pintu. Jangan menyentuh langsung wajah ketika bersentuhan dengan kuman dan sebaiknya tidak bertanya siapa yang sakit tetapi mencobalah untuk memberikan jarak. Tetap lakukan olahraga rutin untuk melepas hormon endorphin yang menjaga kekebalan tubuh tetap baik.

Selain itu, untuk mencegah flu dapat dengan interaksi memeluk yang meningkatkan kekebalan dan tetap minum banyak sehingga cairan dalam tubuh tetap terjaga. Pastikan juga memiliki waktu tidur yang berkualitas dan mengonsumsi vitamin yang mengandung vitamin C dan tidak kekurangan protein. Sebaiknya juga minum lemon dengan madu dan kayu manis sehingga akan memberikan kekebalan untuk tahan terhadap bakteri dan virus yang masuk.

shares